"" ""

Mexico Vs Amerika Serikat Final Piala CONCACAF Nations League 2024 Yang Panas

Pertandingan antara Mexico vs Amerika Serikat
Pertandingan antara Mexico vs Amerika Serikat

Mexico vs Amerika Serikat bertanding di final piala CONCACAF Nations League 2023/24 di AT&T Stadium, di Arlington, Texas, Amerika Serikat pada 25 Maret 2024 lalu. Ini bukan pertama kalinya tim Meksiko dan tim Amerika saling bertemu. Pasalnya, Amerika Serikat vs Mexico pernah bertemu dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

Dari total tujuh kali pertemuan, laga antara Mexico vs Amerika Serikat tersebut mayoritas dimenangkan oleh tim USA. Demikian juga pada laga final piala Liga Negara CONCACAF kali ini, tim asuhan Gregg Berhalter berhasil membawa pulang piala tersebut untuk ketiga kalinya.

Ya, Amerika Serikat menjadi juara Liga Negara CONCACAF tiga kali berturut-turut. Negeri Paman Sam mulai menjuarai piala CONCACAF Nations League di musim 2021/2022 dengan mengalahkan Meksiko. Final antara America vs Mexico pada 3 Juni 2021 tersebut dimenangkan oleh Amerika dengan skor akhir 3-2.  

Pada musim berikutnya yaitu di piala CONCACAF Nations League 2022/2023, tim Paman Sam harus bertarung melawan tim Kanada di final. Laga antara Amerika vs Kanada di Allegiant Stadium, Nevada, USA tersebut dimenangkan Amerika dengan skor 2-0. Alhasil, tim USA menjuarai piala CONCACAF Nations League untuk kedua kalinya.

Tahun 2024 ini tim Amerika mencatatkan hattrick sebagai pemenang piala tersebut karena berhasil mengalahkan Meksiko. Suasana stadion sepanjang laga terasa panas terutama karena para suporter El Tri mengumandangkan nyanyian homofonik. Simak info mengenai panasnya pertandingan antara Mexico vs Amerika Serikat di final Concacaf 2023/24 berikut ini.

Sekilas Mengenai Piala CONCACAF Nations League

Gambar piala atau pemenang CONCACAF Nations League
Gambar piala atau pemenang CONCACAF Nations League

CONCACAF Nations League adalah liga atau kompetisi sepakbola internasional yang diikuti oleh tim nasional dari negara-negara anggota CONCACAF. Total jumlah negara yang mengikuti liga ini ada 41 termasuk Virgin Islands, Suriname dan Sint Maarten. Concacaf sendiri merupakan singkatan dari the Confederation of North Central America and Caribbean Association Football.

Asosiasi Concacaf mulai berdiri di tahun 2018. Asosiasi ini memiliki tanggung jawab untuk mengorganisasi tim nasional dari negara-negara anggotanya. Badan ini juga harus menyelenggarakan turnamen kualifikasi untuk menyiapkan tim terbaik yang akan ikut dalam ajang Piala Dunia dan Piala Dunia Sepakbola Wanita.

Baca selengkapnya  Cara Pulihkan Akun Jalalive: APK Live Streaming Bola Terbaik!

Amerika Serikat menjadi tuan rumah pertandingan final piala ini selama tiga kali sejak musim 2021/22. Pihak tuan rumah berhasil memenangkan ketiga laga secara berurutan. Alhasil, mereka dinobatkan sebagai yang tak terkalahkan selama tiga kali berturut-turut. 

Head to head antara Tim Sepakbola Mexico vs Amerika Serikat

Laga antara Timnas Mexico vs Timnas Amerika Serikat
Laga antara Timnas Mexico vs Timnas Amerika Serikat

Pada pertandingan final piala Liga Negara yang diwarnai dengan banyak drama antara Mexico vs Amerika Serikat kemarin, tim USA menang 2-0 atas tim El Tri. Baik Gregg Berhalter maupun Jaime Lozano memasang pemain andalan mereka di laga final tersebut. Simak Amerika vs Meksiko head to head berikut ini dilihat dari lima pertandingan terakhir kedua tim tersebut.

Dari kelima laga yang mempertemukan tim the Yanks dan El Tricolor, Amerika berhasil mengalahkan Meksiko. Bahkan dari total tujuh pertandingan yang mempertemukan keduanya, tim Meksiko selalu keok dihajar tim Amerika. Berikut daftar lima laga terakhir mereka:

Tanggal Skor Pemenang Nama Liga
07 Juni 2021 3 – 2 Amerika Serikat Piala Liga Negara Concacaf
01 Agustus 2021 1 – 0 Amerika Serikat (the Yanks) Piala Gold Cup
13 November 2021 2 – 0 Amerika Serikat Babak Kualifikasi Piala Dunia
15 Maret 2023 3 – 0 Amerika Serikat (the Yanks) Piala Liga Negara Concacaf
25 Maret 2024 2 – 0 Amerika Serikat Piala Liga Negara Concacaf

 

Daftar 5 Pertandingan Terakhir Mexico vs Amerika Serikat

Profil Timnas Mexico dan Timnas Amerika Serikat
Profil Timnas Mexico dan Timnas Amerika Serikat

Berikut daftar lima pertandingan terakhir timnas Meksiko maupun timnas AS di berbagai liga dan pertandingan:

1. Lima Pertandingan Terakhir Meksiko

Tim El Tricolores tercatat memang selalu mengalami kekalahan pada laga antara USA vs Mexico. Namun tim asuhan Lozano ini pernah mencatatkan setidaknya satu kali kemenangan di salah satu dari lima laga terakhir yang pernah dilakoni. Berikut hasil dari kelima laga tersebut:

Tanggal Tim yang bertanding Skor Nama Liga
01 Juli 2024 Meksiko vs Ekuador 0 – 0 Piala Copa Amerika Selatan
27 Juni 2024 Venezuela vs Meksiko 1 – 0 Piala Copa Amerika Selatan
23 Juni 2024 Meksiko vs Jamaika 1 – 0 Piala Copa Amerika Selatan
9 Juni 2024 Meksiko vs Brasil 2 – 3 Pertandingan Persahabatan Antar Negara Dunia
6 Juni 2024 Meksiko vs Uruguay 0 – 4 Pertandingan Persahabatan Antar Negara Dunia

 

2. Lima Pertandingan Terakhir Amerika Serikat

Tidak berbeda jauh dengan timnas Meksiko, di lima pertandingan terakhirnya, tim Paman Sam juga hanya menang satu kali saja. Sisanya kalah tiga kali dan seri satu kali ketika melawan timnas Brasil. Berikut daftar dari kelima pertandingan tim yang dikapteni oleh Christian Pulisic ini:

Tanggal Tim yang bertanding Skor Nama Liga
2 Juli 2024 Amerika Serikat vs Uruguay 0 – 1 Piala Copa Amerika Selatan
28 Juni 2024 Panama vs Amerika Serikat 2 – 1 Piala Copa Amerika Selatan
24 Juni 2024 Amerika Serikat vs Bolivia 0 – 1 Piala Copa Amerika Selatan
13 Juni 2024 Amerika Serikat vs Brasil 1 – 1 Pertandingan Persahabatan Antar Negara Dunia
9 Juni 2024 Amerika Serikat vs Kolombia 5 – 1 Pertandingan Persahabatan Antar Negara Dunia
Baca selengkapnya  Laga Penuh Gengsi: Titans Vs Jaguars di Panggung NFL

 

Final Piala Liga Negara Concacaf Antara Mexico vs Amerika Serikat

Pertandingan Mexico vs Amerika Serikat di Piala Liga Negara 2024
Pertandingan Mexico vs Amerika Serikat di Piala Liga Negara 2024

Pertandingan puncak Concacaf Nations League 2024 mempertemukan Mexico vs Amerika Serikat di Arlington Texas. Prediksi USA Vs Mexico di laga final ini banyak yang memihak tim the Yanks. Pasalnya, di pertandingan sebelumnya, Amerika berhasil mengalahkan Jamaika dengan skor 3-1.

Semantara tim Meksiko harus berjuang keras melawan Panama di semifinal walaupun akhirnya unggul dengan skor 3-0. Selain itu, berdasarkan pertandingan kedua tim sebelum laga ini, Amerika hampir selalu mengungguli tim El Tricolor. Alhasil, tidak salah jika banyak pihak lebih menjagokan tim asuhan Gregg Berhalter ini daripada anak buah Lozano.

Pertandingan berlangsung sengit dan panas dimana para pemain banyak berdebat di lapangan. Para pendukung juga sempat melemparkan barang ke tengah lapangan dari tribun. Sampai-sampai pelatih Amerika, Gregg Berhalter dan beberapa pemain lain terkena lemparan benda tersebut. Peristiwa tersebut terjadi ketika mereka sedang merayakan gol kedua tim AS.

Gol yang dieksekusi oleh Gio Reyna di menit ke-63 tersebut membuat the Yanks mengungguli Meksiko 2-0. Laga semakin memanas ketika pendukung El Tricolor mulai mendengungkan nyanyian homofonik mereka. Tujuan dari aksi ini adalah untuk mengintimidasi tim lawan terutama Matt Turner selaku penjaga gawang AS dan kawan satu timnya.

Alhasil, wasit Drew Fischer dari Kanada yang memimpin pertandingan sempat dua kali menghentikan laga. Pertama, ia menghentikan laga di menit ke-88 selama kurang lebih empat setengah menit. Ia kembali menghentikan pertandingan enam menit sebelum perpanjangan waktu selama satu setengah menit karena ulah fans Meksiko tersebut.

Penonton Mexico vs Amerika Serikat live tentunya merasa kecewa dengan situasi yang tidak kondusif terutama di akhir laga pertandingan. Untuk menjaga kondisi stadion kondusif, pihak keamanan terpaksa mengeluarkan sejumlah fans dari lapangan. Sangat disayangkan bahwa pertandingan sebuah liga besar harus dinodai dengan tindakan tidak sportif semacam itu.

Ringkasan Pertandingan Mexico vs Amerika Serikat

Pertandingan-antara-Mexico-vs-Amerika-Serikat
Pertandingan-antara-Mexico-vs-Amerika-Serikat

Laga final dengan hasil akhir 2-0 ini menobatkan tim Amerika Serikat sebagai Juara CONCACAF 2024. Tim USA langsung melakukan perlawanan sejak menit awal pertandingan. Sang kapten, Christian Pulisic mencoba peruntungan dengan tendangan kaki kirinya ke arah gawang Guillermo Ochoa.

Baca selengkapnya  Laga Barcelona vs Girona Menjuarakan Real Madrid

Meskipun serangannya gagal, tidak menghentikan dia dan tim untuk menekan kubu tim lawan. Meksiko pun tidak tinggal diam karena pada menit ke-22 Luis Chavez melancarkan serangannya ke kubu Amerika. Sayangnya, serangan tersebut dapat digagalkan oleh kiper Matthew Turner.

Akhirnya, gol pertama untuk AS tercipta di menit ke-45 hasil tendangan keras Tyler Adams. Ia berhasil mengeksekusi operan dari Weston McKenzie dengan apik. Alhasil, kiper Meksiko tidak berhasil melindungi gawangnya.

Di menit ke-57, kiper Meksiko; Ochoa berhasil menepis sundulan Tim Ream sehingga kedudukan tidak berubah. AS berhasil menambah gol di menit ke-63 hasil tendangan Gio Reyna. Kedudukan menjadi 2 – 0 untuk keunggulan tim Amerika. Meksiko nyaris mendapat kesempatan melakukan tindakan penalti karena pelanggaran terhadap pemain Santiago Gimenez.

Namun, keputusan digagalkan setelah wasit melihat video VaR pada momen tersebut. Skor 2 – 0 tersebut tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat tim Amerika Serikat berhasil menjuarai piala Liga Negara Concacaf sebanyak tiga kali secara berurutan. 

Baik tim Mexico vs Amerika Serikat, berhak maju ke Piala CONMEBOL Copa America 2024.  

Susunan Pemain Nations League CONCACAF 2023/24

Untuk menghadapi Amerika di laga final kali ini Mekdiko menggunakan lineups 4-2-2-1. Sementara pihak Amerika Serikat memilih lineups 4-3-2-1-. Kedua tim menyiapkan strategi dan pemain terbaiknya dengan harapan dapat mengungguli lawannya dengan optimal. Berikut susunan pemain CONCACAF Nations League teams pada pertandingan final 2024 di Texas kemarin

Pemain Tim El Tricolors:

Nama Pemain Posisi No Punggung
Matt Turner Kiper 1
Sergio Dest Back 2
Tim Rean Back 13
Chris Richards Back 3
Antonee Robinson Back 5
Tyler Adams Pemain tengah / Gelandang 4
Giovanni Reyna Pemain tengah / Gelandang 1\7
Weston McKenzie Pemain tengah / Gelandang 8
Timothy Weah Gelandang Penyerang 21
Haji Wright Gelandang Penyerang 14
Christian Pulisic Penyerang / Kapten 10

 

Pemain Meksiko:

Nama Pemain Posisi No Punggung
Guillermo Ochoa Kiper 13
Jorge Sanchez Back 19
Cesar Montes Back 3
Johan Vasquez Back 5
Jesus Gallardo Back 23
Edson Alvarez Pemain tengah / Gelandang 4
Erick Sanchez Pemain tengah / Gelandang 14
Luis Chavez Pemain tengah / Gelandang 18
Uriel Antuna Pemain tengah / Gelandang 15
Henry Martin Gelandang Penyerang 20
Hirving Lozano Penyerang 22

 

Final Concacaf Nations League 2024 sudah berakhir dengan tim Amerika Serikat sebagai juaranya. Walaupun pertandingan sempat ricuh, namun mereka berhasil mengungguli tim Meksiko dengan skor 2-0. Dari hasil pertandingan ini keduanya berhasil melaju ke Piala Copa Amerika CONMEBOL 2024.

Semoga penampilan dan performa kedua tim dapat lebih maksimal di laga-laga selanjutnya. Pastinya, semoga para pendukung lebih menjunjung tinggi sportifitas sehingga kejadian di final laga Piala Liga Negara 2024 kemarin tidak terulang kembali. Alhasil di masa mendatang pecinta sepakbola dapat menyaksikan laga antara Mexico vs Amerika Serikat yang tertib dan sportif.  JALALIVE

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *